Dalam dunia dapur, Anda pasti sering sekali mendengar Commercial Food Processor bukan ? Namun, banyak orang yang salah menilai apa itu Food Processor dan apa itu Blender. Kedua alat tersebut memang terlihat sama akan tetapi sebenarnya sangat berbeda. Banyak orang yang salah mengira Blender adalah Food Processor dan ada pula orang yang mengira Food Processor adalah Blender. Lalu apa sebenarnya perbedaan di antara keduanya ? Berikut penjelasan lengkapnya :

  1. Tampilannya

Dari mulai tampilannya saja sudah sangat terlihat bukan ? Blender ini memiliki tampilan yang lebih panjang dan lebih ramping sedangkan Food Processor memiliki bentuk yang lebih lebar dan lebih pendek.

  1. Jenis Bahan Makanan yang Bisa Diproses

Blender dan Commercial Food Processor memiliki fungsi yang hampir mirip yaitu untuk melumatkan bahan makanan. Namun, untuk Blender hanya bisa digunakan untuk melumatkan bahan makanan dengan menggunakan air sehingga sifatnya harus lebih liquid. Sedangkan untuk jenis makanan yang bisa diproses dengan Food Processor tidak perlu menggunakan tambahan air lagi.

  1. Fungsinya

Blender memiliki fungsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan Food Processor. Mengapa demikian ? sebab jika dilihat dari fungsinya, Blender hanya bisa melumatkan bahan makanan yang sifatnya lebih cair. Sedangkan Food Processor tidak hanya untuk melumatkan saja akan tetapi juga bisa digunakan untuk mencampur, merajang, mengiris, dan menghaluskan bahan kering, Food Processor lebih multifungsi.

  1. Jenis Pisaunya

Untuk jenis pisaunya, biasanya Blender hanya memiliki satu jenis pisau yang menempel pada bagian badan wadah, sedangkan untuk jenis pisau Food Processor ini lebih beragam dan bisa diganti-ganti. Anda bisa menggantinya sesuai dengan kebutuhan, jadi lebih tepat untuk makanan Anda.

Kesimpulan dan Penutup

Nah, itu tadi merupakan beberapa perbedaan yang mendasar dari Blender dan juga Commercial Food Processor, Anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan Anda. jika bingung, tenang saja saat ini banyak yang menjual Food Processor sekaligus dengan Blender. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.