Generator listrik atau genset adalah salah satu alat atau mesin yang mampu menjadi penyelamat anda Ketika pemadaman listrik. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih terdapat inovasi-inovasi baru dari mesin genset yang dapat dengan mudah membantu anda Ketika mati listrik. Melalui inovasi tersebut terciptalah mesin-mesin genset yang sangat bervariasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Tetapi, yang perlu diingat adalah mesin generator listrik mempunyai cara kerja yang berbeda-beda. Jadi, jika anda tertarik untuk membeli genset lebih baik anda mengetahui lebih dulu macam-macam mesin genset berikut ini.

Mesin genset portable

Bila anda mengadakan acara di luar ruangan atau outdoor seperti acara perkemahan sangat cocok menggunakan mesin genset yang satu ini. Karena genset portable didesain khusus untuk keperluan outdoor. Ukuranya yang kecil dari pada genset tipe lainnya banyak dipilih konsumen dan mudah dibawa kemana-mana. Anda juga bisa meletakkan genset ini di mobil pick up agar lebih mudah membawanya setelah acara telah selesai. 

Mesin genset Bensin

Sesuai dengan Namanya generator listrik ini menggunakan bahan bakar bensin untuk mengoperasikan dan mempunyai kapasitas maksimal hanya 10 kw (10.000 watt). Mungkin jenis mesin genset ini yang paling sering digunakan oleh masyarakat dan untuk menemukannya pun sangat mudah, distributor genset pasti menyediakan jenis mesin genset ini. 

Mesin genset diesel

Jenis mesin genset yang satu ini memiliki  2 silinder hingga 16 silinder dan kapasitas yang dimiliki dari 5 KW (5000 watt) sampai dengan 2 KW (2.000.000 watt) sangat besar bukan. Biasanya mesin genset diesel digunakan untuk Gedung-gedung perkantoran, mall, rumah sakit sampai pabrik. Mesin genset sama dengan genset bensin mudah ditemukan karena umum digunakan. 

Mesin genset gas

Ini merupakan inovasi genset yang terbilang baru dan masih jarang digunakan. Memang generator listrik ini sudah banyak ditemukan di distributor-distributor genset tetapi, karena biayanya yang sangat mahal sehingga masyarakat masih jarang menggunakan ini. Untuk menjalankannya harus menggunakan bahan bakar gas LPG atau CNG dan menggunakan infrastruktur pipa gas.