Setiap pebisnis pastinya menggunakan invoice sebagai sistem penagihan terhadap client. Baik itu invoice manual maupun invoice online Indonesia. Melihat pentingnya invoice dalam hal pengalihan, maka tak heran jika saat ini banyak orang mempelajari cara pembuatan invoice.

Hal Penting yang Harus Ada Di Dalam Invoice

Meskipun saat ini sudah banyak sekali tools yang menyediakan layanan invoice online Indonesia. Dimana didalam tools tersebut, anda hanya perlu memasukkan komponen yang dibutuhkan saja. Terlihat simpel dan lebih mudah.

Namun akan lebih baik lagi jika anda menggunakan juga mengetahui komponen apa saja yang harus ada di dalam sebuah invoice tersebut. Berikut ini adalah penjelasan terkait dengan komponen tersebut.

  1. Logo dan nama perusahaan

Logo dan nama perusahaan anda yang berperan sebagai pengirim barang tersebut sangatlah penting untuk ada di dalam invoice. Selain bisa membuat mereka mengerti siapa yang mengirim barang. Ternyata dengan adanya logo dan perusahaan bisa berguna sebagai promosi secara tidak langsung.

  1. Tanggal pembuatan

Dalam pembuatan invoice, tanggal pembuatan dari invoice tidak boleh terlewatkan. Hal ini juga termasuk kedalam standar yang sudah berlaku. Bahkan jika memang ada sebuah masa tenggang waktu dalam pembayaran dari pihak client. Maka akan lebih baik lagi jika dilampirkan dalam invoice tersebut.

  1. Nama dan alamat perusahaan client

Selain tanggal pembuatan., ternyata nama dan alamat dari perusahaan dari pihak client haruslah dicantumkan. Selain bisa terlihat lebih professional, hal tersebut juga bisa memperjelas kemana invoice tersebut akan dikirimkan.

Akan tetapi bila anda menggunakan sistem invoice online, anda cukup melampirkan alamat email dari pihak client.

  1. Nomor invoice

Nomor invoice juga harus dicantumkan. Hal ini agar memudahkan anda maupun pihak client ketika mencari invoice bila sedang dicari. Penulisan nomor invoice biasanya dimulai dari angka 1 atau 001. Namun ada beberapa perusahaan yang mencantumkan nomor invoice di belakang tanggal pembuatan invoice tersebut.

  1. Deskripsi produk

Setiap pembuatan invoice sangat dianjurkan untuk mencantumkan deskripsi dari produk maupun jasa yang mereka gunakan. Hal ini dilakukan agar pihak client lebih mudah mengerti bagaimana rincian produk yang mereka gunakan.

  1. Adanya syarat pembayaran

Hal terakhir yang tak boleh ketinggalan adalah adanya syarat yang berlaku dalam proses pembayaran. Sebagai contohnya adalah tanggal jatuh tempo yang berlaku.

Jika anda memang ingin membuat invoice online Indonesia. Maka tak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa hal diatas.