Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih mesin fryer adalah bahan bakarnya. Jika dilihat dari bahan bakarnya, jenis mesin fryer yang bisa digunakan antara lain adalah :

Fryer dengan tipe bahan bakar gas alami 

Salah satu bahan bakar yang biasa digunakan untuk fryer adalah jenis bahan bakar gas alami. Untuk Anda yang ingin menggunakan dengan bahan bakar berupa gas alami, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa kemudahan dalam penggunaannya. Ketika Anda menggunakan fryer dengan bahan bakar gas alami, maka fryer yang Anda miliki bisa mendapatkan panas dengan lebih cepat dan kehilangan panas sama cepatnya. Jenis fryer ini sangat cocok jika Anda memasak untuk porsi yang besar dan digunakan untuk menjaga suhu dari makanan agar tetap hangat. 

Sayangnya jenis fryer ini juga memiliki kekurangan dari sumbernya. Hal ini disebabkan karena sumber dari gas alami ini memang tidak mudah ditemukan. Selain itu, jika sumber bahan bakar dari mesin fryer ini bisa ditemukan, maka sumber bahan bakar tersebut tidak akan bisa dipindahkan. 

Fryer dengan bahan bakar cairan propana 

Salah satu jenis fryer yang bisa ditemukan di pasar adalah bahan fryer yang dapat dinyalakan dengan menggunakan cairan propana. Fryer dengan bahan bakar cairan propana ini memiliki kelebihan berupa sumber bahan bakarnya yang mudah ditemukan dan mudah dipindahkan. Bahkan untuk Anda yang ingin membuat food truck menggunakan fryer dengan bahan bakar tersebut juga akan lebih dimudahkan. 

Lalu apa kekurangan dari fryer ini? Untuk kekurangannya, jenis bahan bakar yang digunakan untuk fryer ini memang memiliki kekurangan dari segi harga bahan bakarnya. Jika dibandingkan dengan bahan gas alami, maka bahan propana memang lebih mahal. 

Fryer dengan bahan bakar elektrik 

Jenis fryer ini adalah jenis fryer yang paling mudah ditemukan. Hal ini disebabkan karena sumber bahan bakarnya yang mudah untuk didapatkan. Sayangnya untuk memanaskan mesin fryer dengan sumber tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan membutuhkan energi 3x lebih banyak dari penggunaan bahan bakar gas.