Bahan atap polycarbonat Geombang memang terbilang bahan elastis dan mudah dikelola. Tetapi, sebenarnya tidak semudah yang Anda bayangkan dan kerjakan lho!

Butuh ketelitian yang tinggi agar tidak merusak bahan dan memiliki hasil rapi. Inilah teknik yang bisa Anda pelajari.

  1. Potong Lembaran

Untuk memotong lembaran bahan ini, Anda bisa memakai perkakas tangan seperti gunting besi, cutter, pisau atau grinda. Tetapi, sangat dianjurkan sekali jika Anda pakai cutter ukuran besar agar lebih rapi dan presisi. Dalam mengepres lembaran, Anda bisa gunakan bantuan mistar besi yang memiliki ketelitian super detail tetapi harus hati- hati karena jika Anda terlalu cepat akan mengakibatkan luka tangan atau rusaknya sisi yang akan dipotong. 

  1. Dikencangkan bagian lembaran

Setelah proses pemotongan, ada bisa lakukan proses pengencangan dari setiap lembaran menggunakan pengencang anti karat untuk bagian struktur batangnya. Bagian lembaran dilubangi 2 mm dari lubang diameter pengencang. Tujuannya adalah memberikan space muai panas. Siang hari, lembaran akan memuai sedangkan malam hari akan menyusut. 

Jumlah lubang yang dibor harus menyesuaikan dengan spesifikasi kebutuhan kerangka dan pengencang. Jika terlanjur sisa efeknya adalah kebocoran saat hujan. 

  1. Tutup ujung lembaran

Bagian ujung atau sisi lembaran yang dipotong dan masih terbuka bisa ditutup dengan solasi tahan air. Tujuannya agar tidak ada debu atau pengotor lainnya yang bisa masuk dan merusak bahan. Dalam menutup bagian lubang polycarbonate ini Anda bisa teliti dan jangan sampai ada renggangan. 

  1. Gabungkan lembaran

Setiap lembaran bisa digabungkan dengan sistem H aluminium. Misalnya, menggunakan sealant tetapi Anda cek dahulu apakah sesuai atau tidak dengan zat kimia antara bahan dengan sealant. Jika tidak sesuai, gantilah dengan perekat gaskets yang mengandung karet neoprene, TPE, EPDM. 

Dalam penggabungan lembaran bahan memang sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang telah berpengalaman karena salah pasang posisi mengakibatkan resapan air akan mengalir ke sisi lainnya dan merusak sambungan. Ketika setiap lembaran telah tergabung maka tinggal menyesuaikan dengan posisi dan model dari bahan polycarbonate. 

  1. Posisikan lembaran

Bahan atap polycarbonate gelombang harus diposisikan atau dipasang menyesuaikan dengan tulang dari bahan atau kerangka bawaan dari bahan. Jika Anda perhatikan, garis-garis melintang itulah yang dinamakan dengan tulang bawaan. Tujuan pemasangan sesuai dengan alur tulang agar debu atau kotoran tidak masuk. 

Sebelum pemasangan sambungan Anda bersihkan dahulu dengan sabun atau deterjen. Jangan pakai senyawa kimia asam seperti tiner, bensin atau bahan minyak karena bisa memicu kebakaran. Ingat ya, bahan polycarbonate merupakan bahan lunak anti listrik tetapi tidak anti api. 

Demikian ulasan sekilas tentang teknik pemasangan atap polycarbonate gelombang, semoga bisa membantu Anda dalam memasang atap dengan benar dan baik.