Fermometer adalah termometer kristal cair yang didesain untuk memonitor suhu dari proses fermentasi tanpa perlu khawatir Anda akan membuat proses fermentasi tersebut terkontaminasi. 

Seperti kita ketahui, proses fermentasi membuat kita tidak bisa dengan begitu saja mencelupkan alat pengukur suhu (termometer) ke dalam cairan yang akan kita fermentasi. Bisabisa bukannya sukses proses fermentasinya, tapi malah menjadikan seluruh cairan Anda mengalami kontaminasi. Masalah gawatnya, jika hanya ada satu titik kecil cairan dalam tabung kaca (carboy) mengalami kontaminasi, seluruh isinya lamalama akan terkena dampaknya juga, yang dapat menjadikan proses fermentasi kemudian gagal.

Kontaminasi dapat disebabkan oleh bakteri ataupun kapang lain yang masuk ke dalam cairan fermentasi Anda, yang tentunya sangat tidak diharapkan karena dapat menyebabkan kegagalan.

Indikasi kegagalan fermentasi apa saja

Pertama adalah pada warna yang terdapat pada cairan. Cairan yang terkena fermentasi, biasanya berwarna berbeda dari warna yang seharusnya terbentuk. Bisa jadi warna yang akan timbul adalah warna gelap, jika fermentan yang Anda gunakan seharusnya menjadi jernih.

Selain pada indikator warna, indikator selanjutnya adalah aroma (flavour). Aroma fermentan yang terkena kontaminasi akan memiliki bau yang berbeda dari bau seharusnya, jika sudah parah dan dalam jangka waktu lama, akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, bahkan seperti bau busuk.

Indikasi kegagalan fermentasi lainnya adalah adanya perubahan rasa. Apa yang Anda cari suatu produk makanan atau minuman? Tentu yang paling utama adalah rasanya. Namun, jika Anda mengalami kegagalan dalam proses fermentasi, Anda tidak akan pernah mendapatkan rasa yang Anda harapkan, bahkan mungkin lebih buruk.

Minuman fermentasi akan memiliki citarasa yang tepat hanya pada suhu yang tepat pula. Anda tentu tidak menghendaki minuman Anda akan terkontaminasi jika menggunakan termometer biasa untuk mengukur suhu fermentan Anda. Maka dari itu, fermometer ini sangatlah penting dan berguna bagi Anda yang memang memiliki bidang pekerjaan pembuatan minuman fermentasi, atau memang hanya sekadar hobi membuat minuman tersebut untuk sebagai koleksi Anda pribadi.

Sekian informasi mengenai fermometer yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat!