Di restoran peralatan dapur restoran stainless steel sering ditemui dan digunakan. Hal itu karena peralatan dapur dengan bahan yang satu ini dinilai memiliki kualitas terbaik dan tahan lama. Selain itu, cara pembersihannya yang mudah mendukung peralatan dapur berbahan stainless steel menjadi primadona sekaligus favorit bagi para pengusaha restoran maupun ibu rumah tangga.

Meski stainless steel dapat dikatakan bahan yang paling multifungsi atau serbaguna untuk membuat peralatan dapur seperti rak meja, wajan, panci hingga kompor karena sangat kuat dan tahan lama, lalu juga tahan korosi serta tahan panas, namun tidak berarti jika peralatan dapur dengan bahan stainless steel itu anti rusak. Peralatan dapur stainless steel tetap bisa rusak akibat dari pembersihan yang salah atau bahkan karena hal-hal lainnya seperti garam dan air. Untuk itu, selain anda harus mengetahui tentang bagaimana cara pembersihan yang benar peralatan dapur restoran stainless steel, anda juga perlu tahu beberapa kesalahan dalam perawatannya supaya bisa menghindarinya. Berikut ini adalah ulasan beberapa kesalahan dalam perawatan peralatan dapur berbahan stainless steel:

Kesalahan-Kesalahan Perawatan Peralatan Dapur Restoran Stainless Steel

  1. Membersihkan Alat saat Masih Panas

Kesalahan pertama dalam perawatan peralatan dapur stainless steel yang pertama adalah dengan menyiram panci atau alat dapur lainnya yang panas dengan air dingin. Hal itu akan membuat peralatan mudah bengkok dan pecah karena perbedaan suhu yang drastis.

  1. Tidak Mengeringkan Alat Dapur

Jika anda tidak segera mengeringkan alat dapur setelah dibersihkan akan menimbulkan bintik-bintik sehingga akan membuat tampilan alat tersebut menjadi tidak menarik. Sebaiknya setelah dibersihkan, anda segera mengeringkannya dengan kain lembut dan jangan hanya membiarkab di rak piring.

  1. Menggunakan Penggosok dari Baja

Cara perawatan peralatan dapur restoran stainless steel yang salah selanjutnya adalah membersihkan peralatan tersebut dengan cara menggosok menggunakan penggosok dari baja. Jika anda menggosok peralatan dapur dengan penggosok baja akan membuat alat tersebut tergores sehingga akan menimbulkan karat di kemudian hari.

  1. Menggunakan Pemutih

Membersihkan peralatan dapur dari stainless steel dengan pemutih akan menyebabkan permukaan stainless steel rusak karena kandungan klorin yang terdapat di dalam pemutih tersebut.

Itulah beberapa kesalahan perawatan untuk peralatan dapur restoran stainless steel yang jika dilakukan akan membuat peralatan dapur tersebut cepat rusak. Untuk itu, sebaiknya hindari cara-cara tersebut dalam pembersihan peralatan dapur stainless steel agar tahan lama.