Pasti kamu pernah melihat salah satu komponen untuk menyusun tiang penyangga rumah, gedung maupun bangunan lainnya. Biasanya salah satu komponen penting dalam penyusun tiang tersebut adalah besi baja h beam. Terutama bangunan-bangunan yang terbuat dari tembok. Tapi apa itu besi baja h beam? Kenapa dia menjadi satu komponen penting dalam penyusunan tiang? Ingin tahu jawabannya? Mari perhatikan sekilas uraian mengenai besi baja h beam, berikut ini.

Pengertian Besi Baja H Beam

Besi baja h beam merupakan salah satu balok baja yang sering disebut sebagai hot rolled. Besi baja ini adalah salah satu komponen paling penting ( cukup vital ) dalam pembuatan berbagai model dan jenis bangunan maupun konstruksi. Sehingga bukan hal yang aneh, bila besi baja h beam menjadi salah satu bahan paling penting dan wajib dipahami dalam dunia bangunan dan konstruksi.

Bahan Pembuatan Besi Baja H Beam

Sesuai namanya, tentu besi baja h beam terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah rapuh. Sebab salah satu fungsi utama dari besi ini adalah untuk menopang bangunan. Besi h beam terbuat dari balok-balok baja yang dibuat sedemikian hingga penampangnya berbentuk seperti huruf H. Karena kekuatan dan kekokohan inilah yang membuat balok baja tersebut disebut sebagai besi baja h beam.

Bentuknya Hampir Mirip WF

Seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya, bentuk penampang besi baja h beam memiliki bentuk penampang Seperti huruf h. Namun, tahukah kamu? Bahwa ternyata balok baja h b eam memiliki bentuk yang hampir sama dengan bentuk WF ( wide flens ). Walaupun bagi orang yang sudah lama berada dalam dunia konstruksi, keduanya memiliki bentuk yang terlampau berbeda.

Akan tetapi, meskipun hampir sama dalam segi bentuk, keduanya pasti memiliki sebuah perbedaan yang mungkin kasat mata pada pandangan atau penglihatan orang yang awam dengan bahan-bahan konstruksi. Perbedaan paling mencolok dari besi baja h beam dan WF adalah bentuk kupingnya. Kuping pada balok baja WF memiliki bentuk kuping yang lebih lebar pada bagian bawahnya. Sedangkan kuping pada besi baja h beam, memiliki bentuk kuping yang keduanya sama lebarnya.